Jumat, Januari 27, 2023
spot_img

DOA PARA MALAIKAT

  DOA PARA MALAIKAT

  Diantara doa-doa agung yang disebutkan didalam Al-Qur’an yang mulia adalah doa para malaikat.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman :

الَّذِينَ يَحْمِلُونَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهُ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُونَ بِهِ وَيَسْتَغْفِرُونَ لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا وَاتَّبَعُوا سَبِيلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيمِ (٧)رَبَّنَا وَأَدْخِلْهُمْ جَنَّاتِ عَدْنٍ الَّتِي وَعَدْتَهُمْ وَمَنْ صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ (٨)وَقِهِمُ السَّيِّئَاتِ وَمَنْ تَقِ السَّيِّئَاتِ يَوْمَئِذٍ فَقَدْ رَحِمْتَهُ وَذَلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ (٩)

“Mereka (malaikat) yang memikul ‘Arsy dan mereka (malaikat) yang ada di sekitarnya bertasbih memuji Rabb mereka, dan mereka beriman kepada-Nya, dan memohonkan ampunan untuk orang-orang yang beriman, (Mereka berkata) : “Ya Rabb kami, Engkau telah meliputi segala sesuatu dengan rahmat dan ilmu, maka berilah ampunan untuk orang-orang bertaubat dan mengikuti jalan-Mu serta lindungilah mereka dari azab jahannam. Wahai Rabb kami, masukkan mereka ke surga- surga ‘Adn, yang Engkau telah janjikan kepada mereka, dan orang-orang saleh di antara bapak-bapak mereka, istri-istri mereka, dan keturunan mereka. Sungguh, Engkau Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Dan lindungilah mereka dari kejelekan- kejelekan. Dan orang-orang yang Engkau pelihara dari kejelekan- kejelekan pada hari itu niscaya Engkau telah merahmatinya, dan itulah ia keberuntungan yang besar.” (Ghafir : 7-9).

Doa para malikat kepada orang- orang yang beriman termasuk salah satu dari faidah keimanan, keutamaan dan hasil yang banyak dari keimanan tersebut. Di mana Allah Subhanahu Wa Ta’ala menetapkan para malaikat yang didekatkan untuk mendoakan orang – orang yang beriman dari alam ghaib. Orang mukmin dengan keimanannya mendapatkan peluang untuk meraih keutamaan yang agung ini.

Ikatan keimanan merupakan ikatan yang paling besar dan paling kokoh, bahkan ia adalah ikatan yang hakiki yang tidak akan putus, dan persatuan yang tak pernah retak. Al-Allamah Muhammad Al-Amin Asy-syinqithi Rahimahullah Ta’ala berkata : “ Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah mengisyaratkan bahwa ikatan yang mengikat para pembawa Arsy dan orang- orang sekitarnya dengan anak keturunan Adam ‘Alaihissalam di bumi, hingga para malaikat itu berdoa kepada Allah Ta’ala untuk mereka dengan doa agung ini, tak lain adalah keimanan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala… “ hingga beliau berkata, “ Ringkasnya, tidak ada perbedaan diantara kaum muslimin bahwa ikatan yang mengikat antara penduduk bumi satu sama lain, dan mengikat penduduk bumi dengan penghuni langit adalah ikatan ‘Laa ilaaha illallaah. ‘”

            Seorang mukmin tidak hanya didoakan oleh malaikat, bahkan dia juga didoakan oleh para nabi dan orang- orang shalih.

Abu Nu’aim meriwayatkan dalam Al-Hilyah dari Yahya bin ‘Umar bin Rasyid At- Taimiy dia berkata, aku dahulu berbisnis hingga habis semua yang ada padaku. Lalu datang padaku Sufyan bin Uyainah ketika sampai padanya beritaku. Dia berkata kepadaku “Jangan putus asa atas apa yang luput darimu. Ketahuilah, sekiranya engkau diberi rizki niscaya ia akan datang padamu.” Kemudian dia berkata, “Bergembiralah, sungguh engkau berada dalam kebaikan, tahukah engkau siapa yang mendoakanmu?”. Aku berkata, “Siapa yang mendoakanku ?” Dia berkata, “Pembawa Arsy”. Aku berkata, “Pembawa Arsy mendoakanku ?” Dia berkata, “Benar, dan Nuh ‘Alaihissalam juga mendoakanmu.” Aku berkata, “Nuh ‘Alaihissalam mendoakanku ?” Dia berkata, “Benar, dan Ibrahim ‘Alaihissalam juga mendoakanmu.” Aku berkata, “ Ibrahim ‘Alaihissalam mendoakanku ?” Dia berkata, “ Benar, dan Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, juga mendoakanmu.” Aku berkata, “Dimana doa mereka kepadaku ?” Dia berkata, “ Tidakkah engkau dengar firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala, ‘ Mereka (malaikat) yang memikul ‘Arsy dan mereka (malaikat) yang ada di sekitarnya bertasbih memuji Rabb mereka, dan mereka beriman kepada-Nya, dan memohonkan ampunan untuk orang-orang yang beriman.’” Aku berkata, “ Di mana doa Nuh ‘Alaihissalam kepadaku ?” Dia berkata, “Tidakkah engkau mendengar firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala :

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ …

‘Wahai Rabbku, berilah ampunan untukku dan untuk kedua orangtuaku serta untuk siapa yang masuk kerumahku dalam keadaan beriman, dan untuk orang-orang beriman laki-laki serta orang- orang beriman perempuan.’” (Nuh : 28)

            Aku berkata, “Dimana doa Ibrahim ‘Alaihissalam kepadaku ? “ Dia berkata, “ Tidakkah engkau mendengar firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala :

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ (٤١)

 ‘Wahai Rabb kami, berilah ampunan untukku dan untuk orang-orang beriman pada hari ditegakkan hisab.’” (Ibrahim : 41)

            Aku berkata, “Lalu dimana doa Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam untukku ? “ Beliau mengglengkan kepalanya dan berkata, “ Tidakkah engkau mendengar firman-Nya :

… وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ …

 ‘Dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan untuk orang-orang beriman laki-laki serta untuk orang beriman perempuan.’ (Muhammad : 19)

            Dia paling taat kepada Allah Ta’ala dan paling penyayang atas kita serta paling pengasih, dimana Allah Ta’ala memerintahkannya dengan sesuatu kemudian tidak melakukannya.”

            Adapun doa orang-orang yang beriman sebagaimana dalam firman Allah Ta’ala : “Dan orang- orang yang datang sesudah mereka, mereka mengatakan : ‘ Wahai Rabb kami, berilah ampunan untuk kami, dan untuk saudara-saudara kami yang telah mendahului kami dengan keimanan. ‘” (Al-Hasyr: 10)

            Al-Allamah Ibnu Sa’diy Rahimahullahu Ta’ala berkata : “Doa malaikat ini mengandung kesempurnaan pengetahuan mereka terhadap Rabb mereka, tawassul kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala menggunakan nama- nama-Nya yang paling indah, yang wajib bagi hamba-hambanya menggunakannya bertawassul kepada-Nya, dan menggunakannya berdoa sesuai doa yang dipanjatkan…”. Beliau juga berkata : “ Diantara kecintaan malaikat terhadap orang- orang yang beriman adalah berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk mereka dan bersunggguh- sungguh untuk kebaikan keadaan mereka.”

            Mutharrif bin Abdullah Asy-Syikhkhir Rahimahullahu Ta’ala berkata, “Hamba-hamba Allah Ta’ala yang paling memberi nasihat kepada orang-orang yang beriman adalah malaikat. Sedangkan hamba-hamba yang paling menipu orang-orang yang beriman adalah setan.”

            Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala menjaga kita dari setan, dan melindungi kita dari keburukan mereka. Sungguh Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengabulkan permohonan.

( Tulisan ini diringkas dari buku Fiqih Doa dan Dzikir karya Syaikh Abdurrazaq bin Abdil Muhsin Al- Badr Hafidzohullahu Ta’ala )

Cianjur, Komplek Masjid Al- Bayaan

Rabu, 3 Pebruari 2021 / 21 Jumadil Akhir 1442 H

Muhamad Adi Firmanto

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

PALING POPULER