Kamis, Februari 9, 2023
spot_img
BerandaPenjelasan Asmaul HusnaAL-MUTA’AL (Yang Maha Tinggi)

AL-MUTA’AL (Yang Maha Tinggi)

ALLAH AL-MUTA’AL

(Yang Maha Tinggi)

Pengertian Nama Allah Al-Muta’al.

Allah berfirman:

عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ الْكَبِيرُ الْمُتَعَالِ [الرعد: 9]

            Artinya: “Allah yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Yang Maha Besar dan Maha Tinggi”. ( Ar Ra’du: 9)

وقال: الْكَبِيرُ الْمُتَعَالِ [الرعد: 9]، فكل شيء تحت قهره وسلطانه وعظمته، لا إله إلا هو، ولا رب سواه؛ لأنه العظيم الذي لا أعظم منه، العلي الذي لا أعلى منه، الكبير الذي لا أكبر منه، تعالى وتقدس وتنزه عز وجل عما يقول الظالمون المعتدون علواً كبيراً)  (تفسير ابن كثير) (3/232).

            Berkata Ibnu Katsir: “Allah Yang Maha Besar lagi Maha Tinggi ( Ar-Ra’du:9) maksudnya adalah segala sesuatu dibawah kekuasaan dan keagungan-Nya, tidak ada tuhan yang berhak diibadahi kecuali Dia, tidak ada Rabb selain Dia, karena Dia Yang Agung yang tidak ada lebih agung dari-Nya, Yang Maha Tinggi yang tidak ada lebih tinggi dari-Nya, Maha Besar yang tidak ada lebih besar dari-Nya, Maha Tinggi lagi Maha Suci dari apa yang disifatkan oleh orang-orang dzalim yang angkuh dan sombong”. (lihat tafsir Ibnu Katsir, 3/232).

            Nama Allah ini semakna dengan Nama Allah Al-A’la dan Al-‘Aliy yang maknanya adalah Maha Tinggi zat-Nya, sifat-Nya serta perbuatan-Nya, yang tidak serupa dengan makhluk.

Beribadah kepada Allah AL-Muta’al.

Siapa saja yang memahami dan mengenal bahwa Allah Maha Tinggi zat-Nya, sifat-Nya dan perbuatan-Nya, maka ia hanya akan meniggikan dan mengagungkan Allah saja. Segala niat, ucapan dan perbuatannya semua dalam rangka meniggikan dan mengagungkan Allah saja. Tidak ada lagi kesombongan dalam dirinya, serta ia tidak lagi meniggikan manusia melebihi dari kedudukannya seperti ghuluw (berlebih-lebihan meniggikan kedudukan makhluk).

Berdo’a dengan Nama Allah Al-Muta’al.

Tidak ada riwayat lafaz do’a dengan nama Allah ini, tetapi dibolehkan bertawasul dengan Nama ini Al-Muta’al untuk meminta derajat yang tinggi dan kedudukan yang tinggi di akherat. Seperti doa kita “Ya Allah Al-Muta’al berikan kami tempat yang tinggi disurga-Mu kelak”.

هذا وصلى الله على نبينا محمد وعلى اله وصحبه و سلم

Cianjur

Faisal Mista

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

PALING POPULER