Rabu, Februari 8, 2023
spot_img
BerandaPenjelasan Asmaul HusnaAl-Bâri’ (Yang Maha Mengadakan)

Al-Bâri’ (Yang Maha Mengadakan)

Nama Allah al-Bâri’ (Yang Maha Mengadakan)

Ibadah Taubat Nasuha dengan Nama Allah Al-Bâri’ Pada Bulan Ramadhan

Nama ini disebutkan 3 kali dalam al-Qur’an diantaranya dalam Surat al-Hasyr:24:

هُوَ اللَّهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ لَهُ الأسْمَاءُ الْحُسْنَى …

Dialah Allah yang Menciptakan, yang Mengadakan, yang membentuk Rupa, yang mempunyai asmaaul Husna

Kata Al-Bâri’ mengandung beberapa makna yaitu yang menciptakan, yang memisahkan dan membedakan sebagian ciptaan-Nya dari sebagian yang lain, yang merubah benda-benda, yang menciptakan manusia dari tanah, dan yang menciptakan makhluk dalam kondisi selamat dari ketidakseimbangan, aib, kekeurangan dan cacat. Seperti  dalam firman-Nya Surat Al-Mulk/67:3:

… مَا تَرَى فِي خَلْقِ الرَّحْمَنِ مِنْ تَفَاوُتٍ فَارْجِعِ الْبَصَرَ هَلْ تَرَى مِنْ فُطُورٍ (٣)

…. kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, Adakah kamu Lihat sesuatu yang tidak seimbang?

Sedangkan Al-bariyah adalah makhluk dan Allah menciptakan mereka serta menjadikan sebagiannya kafir dan sebagian lagi kafir.1 sebagaimana dalam firmannya dalam Surat At-Taghabun/64:2:

هُوَ الَّذِي خَلَقَكُمْ فَمِنْكُمْ كَافِرٌ وَمِنْكُمْ مُؤْمِنٌ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ (٢)

 Dia-lah yang menciptakan kamu Maka di antara kamu ada yang kafir dan di antaramu ada yang mukmin. dan Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan.

Konsekwensi dari nama Allah Al-Bâri’ bahwa Allah lah yang menciptkakan makhluk dan membentuk mereka yang terdiri dari nafas, tubuh, ruh, dan hati, yang wajib diimani, namun mereka berbeda dalam keimanan kepada Allah. Adapun pengaruh nama Allah Al-Bâri’ maka di dalam hal ini bahwa apabila Allah memberikan keimanan hendaklah disukuri dan memuji Allah dengan menjaganya bertaqwa kepada-Nya.2 Sedang sebaliknya apabila keburukan perbuatan yang dilakukan untuk segera sadar, kembali kepada-Nya karena akibat yang buruk akan dibalas berupa neraka-Nya.

  Doa ibadah dengan nama ini diantaranya juga beriman kepada Allah, apabila jauh dari iman maka hendaklah segera bertaubat kembali kepada-Nya Al-Bari seperti dalam firman-Nya Surat Al-Baqarah/2:54:

وَإِذْ قَالَ مُوسَى لِقَوْمِهِ يَا قَوْمِ إِنَّكُمْ ظَلَمْتُمْ أَنْفُسَكُمْ بِاتِّخَاذِكُمُ الْعِجْلَ فَتُوبُوا إِلَى بَارِئِكُمْ فَاقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ عِنْدَ بَارِئِكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ إِنَّهُ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ (٥٤)

dan (ingatlah), ketika Musa berkata kepada kaumnya: “Hai kaumku, Sesungguhnya kamu telah Menganiaya dirimu sendiri karena kamu telah menjadikan anak lembu (sembahanmu), Maka bertaubatlah kepada Tuhan yang menjadikan kamu dan bunuhlah dirimu. Hal itu adalah lebih baik bagimu pada sisi Tuhan yang menjadikan kamu; Maka Allah akan menerima taubatmu. Sesungguhnya Dialah yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.”

Ayat ini menunjukan bahwa besarnya dosa kesesatan  menyembah selain Allah, bahkan merupakan kezhaliman yang paling zalim, namun Allah Maha Penyayang terhadap hamba-hamba-Nya dengan senantiasa membuka pintu taubat, yang merupakan jalan terbaik daripada menerima azab Allah di neraka kelak. Maka terlebih pada bulan Ramdhan yang dikhususkan bagi umat Nabi Muhammad Shalallahu alahiwasalam, setan-setan dibelenggu, pintu neraka ditutup dan dibukanya pintu surga, pintu ampunan dibukakan setiap malam dibebaskan dari nereka siapa saja yang dikehendaki-Nya. Tentunya ini adalah kesempatan pintu taubat kepada Allah Al-Bâri’ yang dibukakan bagi semua hambanya, dari maksiat kepada taat, dari syirik kepada tauhid, dan dari bid’ah kepada sunnah.

 Doa mas’alah (permintaan) dengan nama ini tidak terdapat dalam al-Qur’an dan sunnah, namun secara umum bahwa semua nama Allah disyariat berdo’a dengan-Nya, memujinya dan mengagungkan-Nya.

Penyusun: Dzakwan Mukhtar B.A.

Sumber   :1. Fiqih Asma’ul Husana hal.151.  2. Asrar Asmaul Husna hal.88.    

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

PALING POPULER