Sabtu, Mei 18, 2024
spot_img
BerandaAkidahPENGERTIAN TAUHID RUBUBIYYAH

PENGERTIAN TAUHID RUBUBIYYAH

Pengertian Tauhid Rububiyyah adalah mengikrarkan bahwasanya Allah Ta’ala satu-satunya yang menciptakan, yang memberi rezeki, yang menghidupkan, yang  mematikan dan yang mengatur segala urusan.

Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As Sa’di rahimahullah berkata: “Tauhid Rububiyyah adalah keyakinan atas keesaan Rabb dalam hal penciptaan, memberi rezeki dan segala macam pengaturan”. (Al Fataawa As Sa’diyyah, hal 10).

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata: ” Tauhid Rububiyyah adalah tidak ada pencipta selain Allah Ta’ala, maka selain Allah Ta’ala tidak mampu menciptakan satu perkara pun”. (Dar’ut Ta’aarudh, jilid 9,hal 377).

Syaikh Abdurrazaq ‘Afifi rahimahullah mengatakan: “Tauhid Rububiyyah adalah mengesankan Allah Ta’ala atas segala hal yang Allah Ta’ala lakukan, serta menetapkan bahwa Allah Ta’ala adalah Pencipta segala sesuatu dan Yang memilikinya”. (Mudzakirrah At Tauhid, hal 20).

Dari penjelasan-penejelasan yang disampaikan oleh para ulama terkait dengan pengertian Tauhid Rububiyyah adalah bagaimana seorang hamba mengesakan Allah Ta’ala dalam setiap perbuatan yang Allah Ta’ala lakukan.

Wa Allahu a’lam.

Oleh: Fitra Aryasandi

Artikel: asmaulhusnacenter.com

Referensi:

Al Fataawa As Sa’diyyah, Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As Sa’di

Dar’ut Ta’aarudh, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah

Mudzakirrah At Tauhid, Syaikh Abdurrazaq ‘Afifi

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

PALING POPULER