Senin, Maret 4, 2024
spot_img
BerandaPenjelasan Asmaul HusnaAL-MAJID (Yang Maha Luas Kemuliaan-Nya)

AL-MAJID (Yang Maha Luas Kemuliaan-Nya)

ALLAH AL-MAJID

(Yang Maha Luas Kemuliaan-Nya)

Makna Nama Allah Al-Majid

قال تعالى:  وَهُوَ الْغَفُورُ الْوَدُودُ ذُو الْعَرْشِ الْمَجِيدُ [البروج: 14، 15]

Artinya: “Dialah Allah Yang Maha Pengampun Maha Mencintai, pemilik Arsy dan Yang Maha Mulia”. (AlBuruj: 14-15).

قال ابن القيم رحمه الله: وصف- الله تعالى – نفسه بالمجيد وهو المتضمن لكثرة صفات كماله وسعتها وعدم إحصاء الخلق لها وسعة أفعاله وكثرة خيره ودوامه….. (التبيان في أقسام القرآن لابن القيم – ص 94)

Berkata Ibnu Qayyim: “ Allah mensifatkan Diri-Nya dengan “al-majid (keagungan)” yang maksudnya terkandung dalam nama tersebut semua makna kesempurnaan dan keluasan sifat Allah, juga tidak mampu makhluk menghitungnya, maha luasnya perbuatan-Nya serta banyak dan terus menerus kebaikan-Nya  kepada makhluk… (lihat: Tibyan fi aqsam  Al-quran karya Ibnu Qayyim, hal:94).

Al-Majid adalah salah satu asmaul husna yang memiliki beberapa sifat. Ia tidak hanya mengandung satu makna saja. Maknanya adalah Dzat yang luas dan agung sifat-Nya, banyak dan mulia sifat-Nya. (lihat: Ensiklopedia Asmaul Husna karya Syaikh Abdurrazaq, hal:464).

Beribadah dengan Nama Allah Al-Majid

Dengan cara mengagungkan dan memuliakan apa saja yang Allah muliakan. Diantaranya, Allah menamai Al-Quran kitab-Nya dengan Al-Majid, maka wajib bagi memuliakan kitab-Nya. Dengan cara banyak membacanya, memahaminya, mengamalkan dan mendakwahkannya.

Berdo’a dengan nama Allah Al-Majid

Berdoa dengan nama ini yaitu dengan cara banyak bersholawat kepada Nabi Muhammad Shalallah alaihi wasalam. Karena diakhir sholawat tersebut ditutup dengan bacaan:

….. إنك حميد مجيد

            Artinya:……. “Engkau adalah Maha Terpuji dan Maha Mulia”.

هذا وصلى الله على نبينا محمد وعلى اله وصحبه و سلم

Cianjur

Faisal Mista

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

PALING POPULER