Rabu, Februari 8, 2023
spot_img
BerandaFiqih Do'a dan DzikirRUKUN-RUKUN PERIBADATAN HATI UNTUK DZIKIR DAN IBADAH-IBADAH LAINNYA

RUKUN-RUKUN PERIBADATAN HATI UNTUK DZIKIR DAN IBADAH-IBADAH LAINNYA

RUKUN-RUKUN PERIBADATAN HATI UNTUK DZIKIR DAN IBADAH-IBADAH LAINNYA

Sesungguhnya dzikir kepada Allah dan mendekatkan diri kepada-Nya, dengan (perantara) apa-apa yang Dia sukai, berupa amal-amal shalih dan perkataan-perkataan, tidak diterima di sisi Allah kecuali jika si hamba menegakkannya di atas rukun-rukun yang tiga yaitu; cinta, takut, dan harap.  Ketiga rukun ini adalah rukun-rukun peribadatan hati, tidak diterima ibadah apa pun kecuali ketiganya terdapat padanya. Allah disembah atas dasar cinta pada-Nya, mengharap ganjaran dari-Nya, dan takut akan siksa-Nya. Allah telah mengumpulkan antara rukun-rukun yang tiga ini dalam surah Al-Fatihah yang merupakan surah Al-Qur’an paling utama. Allah juga telah mengumpulkan ketiga rukun ini dalam firman-Nya:

أُو۟لَٰٓئِكَ ٱلَّذِينَ يَدْعُونَ يَبْتَغُونَ إِلَىٰ رَبِّهِمُ ٱلْوَسِيلَةَ أَيُّهُمْ أَقْرَبُ وَيَرْجُونَ رَحْمَتَهُۥ وَيَخَافُونَ عَذَابَهُۥٓ

“Mereka itu orang-orang yang berdo’a dan mencari wasilah (perantara) kepada Rabb mereka, siapa di antara mereka yang lebih dekat, dan mengharapkan rahmat-Nya, takut akan azab-Nya.” (Al-Israa’: 57)

Sesungguhnya mencari wasilah (perantara) kepada-Nya adalah mendekatkan diri pada-Nya dengan (perantara) kecintaan kepada-Nya, dan mengerjakan apa yang Dia cintai. Kemudian Allah berfirman; ‘Dan mengharapkan rahmat-Nya, takut akan azab-Nya,’ disebutkan cinta, takut dan harap. (Lihat, Thariq Al-Hijratain, karya Ibnu Al-Qayyim, hal.465.)

Oleh karena itu, wajib bagi seorang hamba dalam ibadah dan dzikir pada Allah, hendaknya mengumpulkan rukun yang tiga ini; cinta, takut, dan harap. Tidak boleh baginya menyembah Allah di atas salah satunya tanpa yang lainnya, seperti menyembah Allah atas dasar cinta saja, tanpa disertai rasa takut dan harap, atau menyembah Allah dengan rasa harap, atau atas dasar rasa takut semata. Oleh sebab itu, sebagian ahli ilmu berkata, “Barang siapa menyembah Allah atas dasar cinta saja, maka dia adalah zindiq, barang siapa menyembah-Nya dengan rasa takut saja, maka dia adalah haruriy (khawarij), barang siapa menyembah-Nya dengan rasa harap saja, maka dia adalah murji’ah, dan barang siapa menyembah-Nya atas dasar cinta, takut, dan harap, maka dialah Mukmin yang bertauhid. (Lihat, Majmu’ Al-Fatawa, karya Ibnu Taimiyah, 10/81)

Adapun yang paling besar dan agung di antara ketiga rukun itu adalah cinta. Cinta pada Allah yang merupakan pokok agama Islam dan porosnya. Cinta adalah posisi mulia yang padanya orang-orang saling bersaing dan berlomba. Ia adalah makanan pokok bagi hati, gizi bagi ruh, penyejuk mata, serta ruh iman dan amal. Barang siapa belum mendapatkannya dalam hidup ini, maka hidupnya seluruhnya adalah kesengsaraan dan kepedihan.

Al- Imam Ibnu Qayyim rahimahullah menyebutkan sebab-sebab agung yang bisa mendatangkan cinta. Beliau berkata, “Sesungguhnya sebab-sebab yang mendatangkan cinta ada sepuluh macam:

Pertama, membaca Al-Qur’an dengan penuh perhatian (tadabbur), berusaha mengetahui maknanya dan maksudnya.

Kedua, mendekatkan diri kepada Allah dengan mengerjakan amalan-amalan sunnah sesudah amalan yang fardhu.

Ketiga, senantiasa berdzikir kepada-Nya dalam segala keadaan; dengan lisan, hati, amal, dan kondisi. Bagian seseorang dari cinta sesuai dengan kadar ini.

Keempat, mengutamakan kecintaan-Nya daripada kecintaanmu saat hawa nafsu bergejolak.

Kelima, pengetahuan hati terhadap nama-nama dan sifat-sifat Allah serta fakta-faktanya, dan senantiasa bolak-balik kepada taman ma’rifah ini dan lapangan-lapangannya.

Keenam, menyaksikan kebaikan-Nya, kesantunan-Nya, dan nikmat-nikmat-Nya  yang lahir maupun batin.

Ketujuh, dan ini yang paling menakjubkan, yaitu hancurnya hati di hadapan-Nya.

Kedelapan, menyendiri saat Allah turun, membaca kitab-Nya, lalu mengakhirinya dengan istighfar dan taubat.

Kesembilan, menemani orang-orang yang mencintai Allah dan jujur, memetik yang terbaik dari buah perkataan mereka, tidak berbicara kecuali jika maslahatnya lebih besar, dan engkau mengetahui hal itu memberi tambahan bagi keadaannmu dan manfaat bagi selainmu.

Kesepuluh, menjauhi semua sebab yang menghalangi antara hati dan Allah.

Kemudian beliau berkata, “Melalui sebab-sebab yang sepuluh ini orang-orang yang mencintai telah sampai kepada tingkat mahabbah (kecintaan). ( Madarij As-Salikin, 3/17-18.)

Kemudian di samping kecintaan, wajib bagi hamba untuk takut kepada Allah, optimis pada-Nya dengan penuh harap dan khawatir. Jika dia melihat kepada dosa-dosanya, keadilan Allah, dan kerasnya siksaan-Nya, maka dia khawatir kepada Rabbnya dan takut. Apabila melihat kepada karunia-Nya yang umum dan khusus serta pengampunan yang menyeluruh, niscaya dia berharap dan optimis.

Sesungguhnya rasa takut yang terpuji dan jujur adalah apa yang menghalangi pemiliknya dari apa-apa yang diharamkan Allah. Apabila melampaui hal itu, niscaya dikhawatirkan bisa menjerumuskan pemiliknya dalam keputusasaan terhadap pertolongan Allah dan pesimis atas rahmat-Nya. Sedangkan rasa harap yang terpuji dan jujur adalah apa yang disertai amal ketaatan di atas cahaya dari Allah. Adapun bila seseorang terus-menerus dalam kelalaian dan kesalahan, bergelut dengan dosa-dosa dan kemaksiatan, berharap rahmat Allah tanpa amal, maka ini adalah tipu daya, impian, dan harapan dusta. Oleh karena itu, sebagian ulama salaf berkata, “Takut dan harap seperti dua sayap burung. Apabila keduanya seimbang niscaya burung akan stabil dan terbang dengan baik. Tapi bila salah satunya berkurang dari yang seharusnya niscaya burung mengalami ketidakstabilan. Kalau kedua sayap itu hilang niscaya burung berada diambang kematian.”

Demikian semoga bermanfaat. Washollallahu ‘ala Muhammad waalihi wasohbihi ajma’in.

Al-Bayaan Cianjur, Ahad 09 Agustus  2020/ 19 Dzulhijjah 1441 H

Penulis: Adep Baehaki

Sumber : Diringkas dari buku Fikih Do’a dan Dzikir karya Syaikh Abdurrazaq Bin ‘Abdul Muhsin Al-Badr -Hafidzahumallahu

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

PALING POPULER