AR RAQIB ( Yang Maha Mengawasi/ Maha Dekat)

DALIL PENETAPAN NAMA ALLAH AR RAQIB:

Disebutkan dalam Al Qur’an sebanyak 3 kali.

Diantaranya firman Allah Ta’ala:

وَكَانَ اللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ رَقِيبًا

Dan adalah Allah Maha Mengawasi segala sesuatu. (Qs. Al Ahzab: 52.)

MAKNA DARI NAMA ALLAH AR RAQIB:

Ar Raqib yang mengawasi segala perbuatan setiap jiwa, melihat apapun yang disembunyikan oleh hati, memperhatikan segala kondisi manusia dan menjangkau semua perbuatan mereka.

DOA IBADAH ATAU KOSEKWENSI DARI NAMA ALLAH AR RAQIB:

  1.  Allah Ta’ala mengawasi seluruh ciptaan-Nya, mengawasi perkatan, perbuatan dan semua gerak-gerik setiap makhluk.
  2.  Merasakan pengawasan Allah akan membuahkan perasaan dekat dengan-Nya, dan keyakinan kepada pengawasan Allah meningkatkan ketakwaan.

Firman Allah Ta’ala:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu. (Qs. An Nisa: 1.)

3. Jika Allah mengawasi setiap gerk-gerik dan tindak-tanduk kita, maka yang harus diperhatikan adalah meluruskan setiap niat dalam sanubari kita.

Sebagai mana Al Imam Al Bukhari mencantumkan masalah ini dalam kitab shahihnya pada urutan nomor 1, kemudian Al Imam An Nawawi dalam kitab Al Arbain An Nawawi.

Nabi Shallalhu Alaihi Wasalam:

نَّمَا الأعمَال بالنِّيَّاتِ وإِنَّما لِكُلِّ امريءٍ ما نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إلى اللهِ ورَسُولِهِ فهِجْرَتُهُ إلى اللهِ ورَسُوْلِهِ ومَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُها أو امرأةٍ يَنْكِحُهَا فهِجْرَتُهُ إلى ما هَاجَرَ إليهِ

Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya. Siapa yang hijrahnya karena mencari dunia atau karena wanita yang dinikahinya, maka hijrahnya kepada yang ia tuju.” (HR. Bukhari dan Muslim) [HR. Bukhari, no. 1 dan Muslim, no. 1907]

DOA MASALAH DENGAN NAMA ALLAH AR RAQIB:

  • Terkait doa masalah dengan nama Allah Al Hasib tidak disebutkan dalam doa-doa yang ma’tsur dalam Al Qur’an maupun As Sunnah, namun nama ini bisa digunakan oleh kita untuk memuji dan mengaggungkan-Nya.

_________

Penulis: Fitra Aryasandi

Disadur dari kitab Al Asma’ul As Rar.

Cianjur, 26 April, 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here