Pengaruh Nama-Nama Allah terhadap Alam Semesta

Ketahuilah bahwa nama-nama Allah mempengaruhi alam semesta. Karena seluruh alam semesta merupakan ciptaan Allah Subhanahu wa Ta’ala maka ketika Allah menciptakan alam semesta, maka hal itu sesuai dengan konsekuensi dari nama-nama Allah Subhanahu wa Ta’ala.  

Di dalam al-Qur’an, Allah Subhanahu wa Ta’ala sering mengajak kita untuk memperhatikan alam semesta agar kita semakin mengenal Allah Subhanahu wa Ta’ala. 

Sebagaimana firman-Nya:

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِّأُولِي الْأَلْبَابِ

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal.” (QS. Ali ‘Imran : 190)

Tanda-tanda tersebut menunjukkan pengaruh dari nama-nama Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Seperti ketika kita melihat berbagai macam ciptaan Allah di  alam semesta ini, menunjukkan adanya  pengaruh dari nama Allah al-Khàaliq (Dzat Yang Maha Pencipta).

Begitu pula ketika kita melihat  sesuatu yang sangat besar, seperti langit yang begitu besar sehingga menjadi atap bagi seluruh negara yang ada di dunia ini. 

Begitupun bumi yang menjadi hamparan bagi seluruh makhluk di bumi ini, hal itu menunjukkan bahwa nama Allah al-Kabiìr, Dia Dzat Yang Maha Besar.

Ketika kita melihat sesuatu yang tinggi, seperti langit yang begitu tinggi tanpa tiang, maka itu menunjukkan pengaruh dari nama Allah al-‘Aliyy (Dzat Yang Maha Tinggi).

Ketika kita melihat sesuatu yang indah, maka kita diajarkan nama Allah al-Jamiìl (Dzat Yang Maha Indah), yang menciptakan seluruh keindahan-keindahan tersebut. 

Dengan demiikian, ketika kita melihat sesuatu apapun, maka hal itu pengaruh dari nama-nama Allah Subhanahu wa Ta’ala dan memperkenalkan kita kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala sang penciptanya.

Maka,ketika kita semakin mengenal nama-nama dan sifat-sifat Allah, tatkala kita melihat alam semesta, kita akan lebih mengenal dan mengagungkan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Kita akan merasakan keagungan dan kehebatan Allah Subhanahu wa Ta’ala di dalam penciptaan alam semesta. 

Maka renungkanlah hal tersebut, agar kita merasakan bertambahnya iman kita, bertambahnya kecintaan kita, bertambahnya pengagungan kita kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Penulis : Haidar Andika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here