Mengenal Asmaul Husna

Bahwa Allah memiliki nama-nama Yang Maha Indah.

Sebagaimana  Allah Subhanahu Wata’ala berfirman dalam surat Al A’raaf ayat ke-180 yang berbunyi,

وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ فَادْعُوهُ بِهَا ۖ

“Dan Allah memiliki Asma’ul-Husna (nama-nama yang indah) dan berdo’alah kalian dengan nama-nama tersebut” (QS. Al A’Raaf ayat 180)

Tentunya bagi seorang muslim, ketika Allah mengabarkan bahwa diri-Nya memiliki nama-nama yang Maha Indah, dia rindu untuk mengetahui nama-nama tersebut.

karena nama-nama tersebut menjadikan seorang muslim semakin mengenal Allah Subhanahu Wata’ala. 

Mengenal nama-nama Allah Subhanahu Wa ta’ala merupakan salah satu tujuan hidup manusia.

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman dalam surat Ath-Thalaaq ayat ke-12 yang berbunyi,

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَمِنَ الْأَرْضِ مِثْلَهُنَّ يَتَنَزَّلُ الْأَمْرُ بَيْنَهُنَّ لِتَعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ وَأَنَّ اللَّهَ قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَيْءٍ عِلْما

“Allah yang menciptakan tujuh langit dan tujuh lapis bumi yang semisalnya. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan ilmu Allah benar-benar meliputi segala sesuatu” (QS. Ath-Thalaaq ayat ke 12)

Allah menjadikan langit dan bumi dan apa yang ada di dalamnya agar manusia mengenal Allah Subhanahu Wata’ala, mengenal kekuasaan-Nya,  mengenal Ilmu-Nya.

Dan salah satu cara agar kita mengenal Allah Subhanahu Wata’ala yaitu dengan cara mempelajari nama-nama dan sifat-sifat-Nya Yang Maha Sempurna.

Semakin banyak kita mengenal nama-nama maka kita akan semakin mengenal Allah Ta’ala dan sifat-sifat-Nya,  dan kita pun akan semakin mencintai Allah.

Sebagaimana Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dalam kitabnya Madarijus Salikin mengatakan,

من عرف الله بأسمائه وصفاته وأفعاله أحبه لا محالة

“Barangsiapa mencintai Allah dan mengenal Allah dengan nama-nama-Nya, dengan sifat-sifat-Nya, dengan pekerjaan-pekerjaan-Nya, maka dia akan mencintai Allah dengan kecintaan yang tiada taranya.” (Madarijus Salikin, 3:17

Maka marilah kita berusaha untuk meraih cinta Allah dengan cara kita mengenal Allah Subhanahu Wata’ala,

dan mengenal nama-nama-Nya dan mengenal sifat-sifat-Nya. Dengan cara itulah kita semakin mengenal Allah dan semakin mencintai-Nya. 

Penulis : Haidar Andika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here